10 Cara Efektif Agar Tidak Tertular Virus Corona

Posted on

Coronavirus telah menyerang ratusan ribu orang di berbagai negara & jug telah menelan ribuan korban jiwa. Supaya tidak terinfeksi virus yang sedang mewabah ini, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penularan virus COVID-19.

Penyebab dari wabah ini yaitu coronavirus jenis baru yang juga disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini juga masuk ke dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab Middle-East respiratory syndrome (MERS) dan severe acute respiratory syndrome (SARS).

Pada saat terinfeksi virus Corona, seseorang akan mulai mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, & pilek. Tetapi, beberapa hari setelahnya, orang yang telah terserang virus corona ini bisa mengalami sesak napas yang disebabkan karena infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Berkut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa langkah yang bisa dilakukan untk mencegah infeksi virus Corona.

1. Tinggal di rumah

Kamu harus membatasi aktivitas di luar rumah, kecuali dalam keadaan mendesak, seperti untuk memperoleh layanan kesehatan. Tidak hanya іtu saja, untuk saat ini dіѕаrаnkаn tіdаk реrgі sekolah, bekerja, dan juga mеngunjungі tеmраt-tеmраt рublіk. Hіndаrі juga mеnggunаkаn trаnѕроrtаѕі publik, seperti angkutan umum, kereta api, dan lain-lain.

2. Memisahkan diri dari orang lain atau hewan 

Untuk saat ini, sebaiknya kamu tinggal di tempat yang terpisah dari orang lain di sekitarmu. Tidak hanya itu saja, disarankan juga untuk menggunakan kamar mandi yang berbeda dari orang lain. Lalu, jangan memegang binatang peliharaan, apalagi hewan liar saat sakit.

3. Mengunjungi layanan kesehatan

Sebelum berangkat mengunjungi layanan kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter untuk memastikan apakah kamu ada kemungkinan terinfeksi Covid-19 atau tidak.  Langkah seperti ini dapat membantu penyedia layanan kesehatan untuk mengambil langkah yang tepat dan sekaligus untuk menjaga orang lain agar tidak ikut terinfeksi atau terpapar juga.

Also Read  Cara Cepat & Ampuh menghilangkan bibir hitam secara alami

4. Menggunakan masker

Menggunakan masker banyak sekali manfatnya, apalagi ketika kamu sedang sakit. Dalam situasi seperti ini, kamu diwajibkan menggunakan masker ketika berada di sekitar orang lain, binatang peliharaan, atau ketika kamu akan memasuki kantor penyedia layanan kesehatan.

Baca juga: Cara Mengatasi Flu Secara Mudah & Cepat

5. Menutupi ketika batuk dan bersin

Tutupi mulut dan hidung kamu dengan tisu pada saat kamu batuk atau bersin. Kemudian buang tisu yang tersebut ke dalam tempat sampah.  Setelah itu, segeralah untuk mungkin cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air selama setidaknya 20 detik. Tidak hanya dengan sabun dan air, kamu juga bisa membersihkan tangan dengan pembersih tangan yang mengandung 60% sampai 95% alkohol. Sabun dan air harus digunakan bila tangan terlihat kotor.

6. Menghindari penggunaan alat-alat pribadi bersama

Penggunaan alat-alat pribadi secara bersama-sama harus dihindari, seperti piring, sendok, gelas, handuk, dan lain sebagainya. Sesudah digunakan, peralatan tersebut harus segera dicuci dengan menggunakan sabun dan air.

7. Sering mencuci tangan

Melakukan cuci tangan lebih sering dari biasanya dengan menggunakan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Apabila sabun dan air tidak tersedia, kamu bisa mencuci tangan dengan pembersih tangan yang memiliki kandungan alkohol setidaknya 60%.

8. Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh 

Permukaan benda yang cukup sering disentuh, seperti gagang pintu, meja,, perlengkapan kamar mandi, kursi, telepon, keyboard, tempat tidur, dan lain sebagainya. Bersihkan benda-benda tersebut dengan menggunakan semprotan pembersih & lakukan pembersihan sesuai dengan petunjuk yang tertera. Jangan lupa untuk menggunakam sarung tangan ketika membersihkan benda-benda tersebut.

9. Memperhatikan gejala yang muncul

Also Read  Cara Mudah Mengatasi Susah Kentut Secara Alami

Segeralah untuk mencari pertolongan medis sebelum penyakit semakin memburuk. Sebaiknya kamu hubungi terlebih dahulu dokter, perawat, atau orang yang berpengalaman dalam bidang kesehatan untuk menceritakan apa yang sedang dialami sebelum pergi ke layanan kesehatan untuk segera dievakuasi apabila diperlukan. Gunakan masker sebelum menuju layanan kesehatan. Jangan lupa menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

10. Selalu menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun

Leave a Reply

Your email address will not be published.