Home Tutorial Android 5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Mengganggu!

5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Mengganggu!

4
0
Advertisement

5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!

Table of Contents

Advertisement

Related Articles: 5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!

Pengantar

Dengan penuh semangat, mari kita telusuri topik menarik yang terkait dengan 5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!. Ayo kita merajut informasi yang menarik dan memberikan pandangan baru kepada pembaca.

5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!

5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!

Aplikasi bawaan Android, atau yang sering disebut bloatware, seringkali menjadi momok bagi pengguna. Aplikasi-aplikasi ini hadir secara default di perangkat Android, dan meskipun beberapa di antaranya bermanfaat, sebagian besar hanya mengambil ruang penyimpanan dan menguras baterai tanpa memberikan nilai tambah. Beruntungnya, ada beberapa cara untuk menyingkirkan aplikasi bawaan yang mengganggu ini, baik dengan cara sederhana maupun sedikit lebih kompleks. Artikel ini akan membahas 5 cara ampuh yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan perangkat Android Anda dari bloatware yang tidak diinginkan.

1. Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Cara Sederhana

Cara termudah untuk menghapus aplikasi bawaan adalah dengan menggunakan fitur “Uninstall” yang tersedia di sebagian besar perangkat Android. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan di perangkat Anda.
  • Cari dan pilih menu “Apps & notifications” atau “Application manager”.
  • Pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus.
  • Tekan tombol “Uninstall” atau “Disable”.
Also Read  5 Alasan Mengapa MENGUASAI Cara Root Android Sangat Berbahaya

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi bawaan dapat dihapus dengan cara ini. Beberapa aplikasi mungkin penting untuk fungsi perangkat Anda dan tidak dapat dihapus. Selain itu, beberapa produsen perangkat Android mungkin membatasi kemampuan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan.

5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak dapat menghapus aplikasi bawaan melalui metode standar, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang dirancang khusus untuk menghapus bloatware, seperti:

    • NoRoot Firewall: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memblokir akses internet ke aplikasi bawaan yang tidak Anda inginkan. Dengan memblokir akses internet, aplikasi tersebut akan menjadi tidak berguna dan tidak akan lagi menguras sumber daya perangkat Anda.
    • Titanium Backup: Aplikasi ini membutuhkan akses root untuk dapat menghapus aplikasi bawaan. Namun, Titanium Backup menawarkan berbagai fitur lain, termasuk kemampuan untuk membuat backup dan memulihkan aplikasi dan data.

5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!

  • Link2SD: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memindahkan aplikasi bawaan ke kartu SD, sehingga membebaskan ruang penyimpanan internal perangkat Anda.

3. Root Perangkat Android Anda

Root adalah proses yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan akses tingkat administrator ke perangkat Android Anda. Dengan akses root, Anda memiliki kendali penuh atas perangkat Anda, termasuk kemampuan untuk menghapus aplikasi bawaan. Namun, rooting perangkat Anda dapat membatalkan garansi dan berisiko merusak perangkat Anda jika dilakukan dengan tidak benar. Oleh karena itu, rooting perangkat hanya direkomendasikan untuk pengguna yang berpengalaman.

4. Menggunakan Pemulihan TWRP

5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!

TWRP adalah pemulihan kustom yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal pada perangkat Android Anda, termasuk menghapus aplikasi bawaan. TWRP dapat diinstal pada perangkat Anda setelah Anda melakukan rooting. Untuk menghapus aplikasi bawaan dengan TWRP, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  • Boot ke mode pemulihan TWRP.
  • Buat backup perangkat Anda.
  • Buka menu “Wipe” dan pilih “System”.
  • Hapus partisi sistem.
  • Flash ROM baru yang tidak menyertakan aplikasi bawaan yang tidak Anda inginkan.
Also Read  10 Tips Ampuh Kuasai Microsoft Word: Taklukkan Segala Dokumen!

5. Gunakan Aplikasi Pengganti

Terkadang, menghapus aplikasi bawaan sepenuhnya mungkin bukan solusi terbaik. Sebagai contoh, jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi kamera bawaan, tetapi ingin menggunakan aplikasi kamera lain, Anda dapat mengganti aplikasi kamera bawaan dengan aplikasi kamera lain yang Anda suka. Berikut adalah beberapa aplikasi kamera populer yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti aplikasi kamera bawaan:

  • Google Camera: Aplikasi kamera resmi dari Google yang menawarkan berbagai fitur dan kemampuan.
  • Open Camera: Aplikasi kamera open source yang menawarkan banyak fitur dan opsi penyesuaian.
  • Camera FV-5: Aplikasi kamera profesional yang menawarkan kontrol manual yang komprehensif.

Pertimbangan Penting

Sebelum menghapus aplikasi bawaan, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Fungsi perangkat: Beberapa aplikasi bawaan mungkin penting untuk fungsi perangkat Anda, seperti aplikasi telepon atau aplikasi pesan. Hapus aplikasi ini dengan hati-hati, karena dapat menyebabkan masalah pada perangkat Anda.
  • Garansi: Menghapus aplikasi bawaan dapat membatalkan garansi perangkat Anda. Jika Anda berencana untuk menghapus aplikasi bawaan, pastikan Anda memahami kebijakan garansi perangkat Anda.
  • Keamanan: Pastikan Anda hanya menghapus aplikasi bawaan dari sumber tepercaya. Aplikasi yang tidak dikenal dapat mengandung malware yang dapat membahayakan perangkat Anda.

Kesimpulan

Membuang aplikasi bawaan yang tidak diinginkan dapat meningkatkan kinerja dan pengalaman pengguna perangkat Android Anda. Dengan menggunakan metode-metode yang dijelaskan di atas, Anda dapat membersihkan perangkat Anda dari bloatware dan mendapatkan kembali ruang penyimpanan dan baterai yang berharga. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan mempertimbangkan konsekuensi dari setiap tindakan sebelum menghapus aplikasi bawaan.

Tips Tambahan:

  • Perbarui perangkat Anda secara teratur. Pembaruan perangkat lunak seringkali menyertakan perbaikan bug dan peningkatan kinerja, termasuk pengoptimalan aplikasi bawaan.
  • Nonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak Anda gunakan. Jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi bawaan sepenuhnya, Anda dapat menonaktifkannya. Aplikasi yang dinonaktifkan tidak akan berjalan di latar belakang dan tidak akan menguras sumber daya perangkat Anda.
  • Gunakan aplikasi alternatif. Jika Anda tidak suka aplikasi bawaan, Anda dapat menggunakan aplikasi alternatif dari Google Play Store. Ada banyak aplikasi alternatif yang tersedia, dan Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
Also Read  Cara Menonaktifkan Akun Instagram Untuk Sementara Waktu

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menyingkirkan aplikasi bawaan yang mengganggu dan meningkatkan pengalaman pengguna perangkat Android Anda.

5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!

Penutup

Dengan demikian, kami berharap artikel ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang 5 Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Mengganggu!. Kami berharap Anda menemukan artikel ini informatif dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!
google.com

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here