Home Tutorial umum 7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang...

7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan

31144
0
Advertisement

7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan

Table of Contents

Advertisement

Pengantar

Dengan penuh semangat, mari kita telusuri topik menarik yang terkait dengan 7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan. Ayo kita merajut informasi yang menarik dan memberikan pandangan baru kepada pembaca.

7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan

7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan

Di era digital yang serba cepat ini, mengirim surat lamaran kerja melalui email mungkin menjadi pilihan yang lebih praktis. Namun, tahukah Anda bahwa menulis surat lamaran kerja dengan tangan masih memiliki daya tarik tersendiri? Bukan hanya sekadar nostalgia, menulis surat lamaran dengan tangan dapat memberikan kesan yang lebih personal, menunjukkan dedikasi dan ketekunan, serta meninggalkan jejak yang tak terlupakan di benak perekrut.

Meskipun terkesan kuno, menulis surat lamaran dengan tangan bukanlah tugas yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar surat lamaran Anda tidak hanya rapi dan mudah dibaca, tetapi juga mampu memikat hati perekrut. Berikut 7 tips jitu untuk membuat surat lamaran tulis tangan yang menakjubkan:

1. Pilihlah Alat Tulis yang Tepat:

Langkah pertama dalam membuat surat lamaran tulis tangan yang memukau adalah memilih alat tulis yang tepat. Pilihlah kertas berkualitas baik, berwarna putih atau krem ​​dengan tekstur yang halus. Hindari kertas yang terlalu tipis atau kasar karena dapat membuat tinta mudah tembus dan merusak penampilan surat.

Untuk tinta, pilihlah tinta berwarna hitam atau biru tua yang tahan lama dan tidak mudah luntur. Hindari tinta warna-warni atau tinta yang mudah pudar, karena dapat memberikan kesan kurang profesional.

Also Read  Cara Melatih Otak Agar Menjadi Cerdas dan Tidak Lemot Lagi

2. Perhatikan Tata Letak dan Penulisan:

Tata letak dan penulisan yang rapi dan terstruktur adalah kunci utama dalam membuat surat lamaran tulis tangan yang profesional. Gunakan spasi yang cukup antara setiap paragraf dan baris untuk mempermudah pembacaan. Pastikan setiap kata ditulis dengan jelas dan rapi, hindari kesalahan ejaan dan tanda baca.

3. Perhatikan Kesan Visual:

Kesan visual sangat penting dalam surat lamaran tulis tangan. Hindari penggunaan font yang terlalu berlebihan atau hiasan yang berlebihan. Gunakan font yang sederhana dan mudah dibaca, seperti Arial, Times New Roman, atau Calibri. Pastikan ukuran font tidak terlalu kecil atau terlalu besar, agar mudah dibaca.

4. Tulis dengan Tangan yang Rapi:

7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan

Meskipun tidak semua orang memiliki tulisan tangan yang indah, usahakan untuk menulis dengan tangan yang rapi dan mudah dibaca. Jika Anda merasa tulisan tangan Anda kurang rapi, latihanlah menulis dengan menggunakan pena atau bolpoin yang nyaman.

5. Perhatikan Kesan Formal:

Surat lamaran kerja adalah dokumen formal, sehingga perlu ditulis dengan bahasa yang formal dan sopan. Hindari penggunaan bahasa gaul atau bahasa yang terlalu santai. Gunakan kalimat yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami.

6. Sertakan Informasi yang Relevan:

Pastikan surat lamaran Anda memuat informasi yang relevan dan penting, seperti:

7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan

  • Salam pembuka: Gunakan salam pembuka yang formal, seperti "Kepada Yth. Bapak/Ibu [Nama Perekrut],"
  • Perkenalan: Perkenalkan diri Anda secara singkat dan sebutkan posisi yang Anda lamar.
  • Alasan melamar: Jelaskan alasan Anda tertarik dengan posisi tersebut dan mengapa Anda merasa cocok untuk posisi tersebut.
  • Keahlian dan pengalaman: Sebutkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  • 7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan

  • Motivasi dan target: Tunjukkan motivasi dan target Anda jika diterima di posisi tersebut.
  • Penutup: Ungkapkan rasa terima kasih dan harapan Anda untuk dihubungi.
Also Read  Cara Mudah & Aman Membuka Durian, Kamu Pasti Bisa!

7. Berikan Sentuhan Personal:

Meskipun surat lamaran kerja adalah dokumen formal, Anda tetap dapat memberikan sentuhan personal untuk menunjukkan antusiasme dan kepribadian Anda. Misalnya, Anda dapat menuliskan kalimat pembuka yang menarik perhatian atau menyebutkan pengalaman unik yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Contoh Surat Lamaran Tulis Tangan:

Berikut contoh surat lamaran tulis tangan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi:

Kepada Yth. Bapak/Ibu [Nama Perekrut],

Dengan hormat,

Perkenalkan, saya [Nama Anda], seorang [Jabatan/Profesi] dengan pengalaman [Jumlah] tahun di bidang [Bidang Keahlian]. Melalui surat ini, saya ingin menyatakan ketertarikan saya untuk melamar posisi [Posisi yang dilamar] di perusahaan [Nama Perusahaan].

Saya tertarik dengan posisi ini karena [Alasan melamar]. Selama [Jumlah] tahun berkecimpung di bidang [Bidang Keahlian], saya telah menguasai [Keahlian 1], [Keahlian 2], dan [Keahlian 3]. Saya yakin pengalaman dan keahlian yang saya miliki dapat bermanfaat bagi perusahaan [Nama Perusahaan].

Saya memiliki motivasi yang tinggi untuk berkembang dan mencapai target yang telah ditetapkan. Saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan [Nama Perusahaan] dan menjadi bagian dari tim yang solid.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Anda]
[Nomor Telepon]
[Alamat Email]

Tips Tambahan:

  • Berlatihlah menulis dengan tangan: Sebelum menulis surat lamaran, berlatihlah menulis dengan tangan agar tulisan Anda lebih rapi dan mudah dibaca.
  • Siapkan draf: Buatlah draf surat lamaran terlebih dahulu sebelum menulisnya dengan tangan.
  • Periksa kembali: Setelah selesai menulis, periksa kembali surat lamaran Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan, tanda baca, atau tata bahasa.
  • Gunakan amplop yang tepat: Gunakan amplop yang berkualitas baik dan sesuai dengan ukuran surat lamaran.
  • Kirimkan surat lamaran dengan tepat waktu: Pastikan surat lamaran Anda sampai ke tujuan tepat waktu.
Also Read  5 Cara Jitu Manfaatkan Google Drive untuk Meningkatkan Produktivitasmu!

Kesimpulan:

Menulis surat lamaran kerja dengan tangan mungkin membutuhkan waktu dan usaha ekstra, namun manfaatnya sangat besar. Surat lamaran tulis tangan dapat memberikan kesan yang lebih personal, menunjukkan dedikasi dan ketekunan, serta meninggalkan jejak yang tak terlupakan di benak perekrut. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat surat lamaran tulis tangan yang menakjubkan dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan

Penutup

Dengan demikian, kami berharap artikel ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang 7 Tips Jitu: Menaklukkan Kesan Pertama dengan Surat Lamaran Tulis Tangan yang Menakjubkan. Kami berharap Anda menemukan artikel ini informatif dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!
google.com

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here