Cara Mudah Memperbaiki Layar HP yang Bergaris

Posted on
Layar HP rusak

Solusi terbaik untuk cara mengatasi layar hp bergaris vertikal atau horizontal adalah dengan membawanya ke tukang servis dan mengganti lcd tersebut dengan yang baru.

Akan tetapi, hal tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang lebih. Oleh sebab itu Tutorialsaya.com mempunyai solusi yang lebih mudah dan lebih murah untuk mengatasi layar hp yang bergaris.

1. Aplikasi LCD Fixer

Hal pertama yang bisa Kamu lakukan untuk memperbaiki layar hp bergaris adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi Dead Pixels Test and Fix.

Aplikasi ini dapat membuat tampilan layar hp Android Kamu yang rusak kembali seperti semula, karena aplikasi ini mampu mencari pixel layar hp yang telah rusak dan dan akan memperbaikinya.

Kamu bisa download aplikasi ini secara gratis di Google Play Store.

  • Berikut cara penggunaannya:
  • Pertama Kamu buka aplikasi Dead Pixels Test and Fix.
  • Kemudian kamu pilih Check Dead Pixels dan Fix Dead Pixels untuk mengembalikan tampilan layar ponsel Kamu menjadi seperti semula.

2. Akses Opsi Developer

Opsi Developer memungkinkan Kamu untuk memperoleh akses lebih banyak agar dapat melakukan pengaturan lebih mendalam.

Salah satunya. Kamu bisa melakukan pengaturan Show Pointer Location yang dapat menghilangkan garis di layar hp Kamu.

Caranya sangat mudah:

  • Pertama kamu pergi ke Pengaturan atau Settings.
  • Lalu Kamu cari pada bagian Tentang Ponsel.
  • Kemudian Kamu akses kolom Nomor Bentukan, dan Kamu ketuk beberapa kali sampai muncul pesan Anda Telah Jadi Pengembang.
  • Apabila sudah, Kamu selanjutnya harus mencari dan membuka menu Opsi Pengembang di hp Kamu.
  • Terakhir Kamu bisa mematikan fitur Tampilkan Penunjuk (Show Pointer Location) untuk menghilangkan garis-garis yang terdalat di layar hp Kamu. Karena biasanya garis-garis ini muncul karena kita secara tidak sengaja telah mengaktifkan fitur ini.
Also Read  Cara Mudah Menghapus Aplikasi di Laptop/PC Sampai Benar-Benar Bersih

3. Tekan Layar LCD

Biasanya munculnya garis-garis  yang terdapat di layar hp disebabkan karena smartphone yang tertekan benda keras yang dapat membuat lcd menjadi error.

Sebaiknya Kamu cari bagian layar mana yang tertindih dengan cara mengamati permukaan layar hp yang tidak rata, atau cara yang lebih mudah Kamu bisa melihatnya melalui letak garis-garis error tersebut.

Apabila sudah ketemu, Kamu tekan dengan jari secara perlahan-lahan disekitar area tersebut agar posisi layar lcd bisa kembali seperti semula.

4. Bersihkan Hp

Apabila layar hp kamu muncul garis-garis karena terkerna air, Kamu harus segera membersihkan & mengeringkannya.

Hp yang terkena air biasanya akan muncul bintik-bintik warna seperti pelangi sampai bergaris pada layar. Kamu harus segera membongkar hp tersebut, lalu melepaskan komponennya satu-persatu.

Pertama matikan hp sebelum membukanya.

  • Lalu buka komponen hp, dan cari bagian yang terkena air.
  • Setelah itu Kamu bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan kain atau kapas yanh halus.
  • Atau Kamu juga dapat mengeringkannya dengan menggunakan hairdryer atau dengan menaruh hp ke dalam beras.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Lemot Menjadi Ngebut Seperti Baru Lagi

5. Hard Reset Hp

Kamu dapat melihat kerusakan pada layar hp pada saat hp dalam keadaan booting. Pada saat booting, Kamu amati apakah muncul garis-garis tersebut atau tidak.

Apabila tidak muncul garis warna-warni ketika proses booting, berarti kerusakan itu terjadi pada sistem operasi Android, bukan pada hardware hpnya.

Kamu bisa memperbaikinya dengan cara melakukan Factory Reset untuk mengembalikan pengaturan sistem seperti semula.

Perlu kamu catat, sebelum kamu melakukan reset pada Hp, kamu harus mencadangkan file-file penting terlebih dahulu ke MicroSD atau memindahkannya ke PC milik kamu.

Also Read  Cara Mudah & Praktis Menyimpan File Di Google Drive

7. Ganti Layar LCD Baru

Ini merupakan solusi terbaik apabila semua cara di atas tidak dapat membuahkan hasil, Kamu bisa membetulkan layar ho yang bergaris dengan melakukan servis untuk mengganti layar lcd ponsel Android Kamu.

Layar lcd yang sudah rusak memang cukup sulit diperbaiki, oleh sebab itu Kamu harus mengganti layar lcd tersebut dengan yang masih baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.