Cara Mudah Mencegah Munculnya Jerawat Batu

Posted on

Cara Mencegah Munculnya Jerawat Batu

Mencegah munculnya jerawat batu

Jerawat dapat muncul pada saat pori-pori wajah kamu mengalami penyumbatan yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati. Dan terkadang, bakteri juga ikut terjebak di dalamnya sehingga mengakibatkan area tersebut menjadi merah & bengkak. Terdapat beberapa jenis jerawat yang biasa dialami oleh manusia, salah satunya yaitu jerawat batu.

Jerawat batu dapat terjadi karena infeksi ini sudah masuk jauh ke dalam kulit wajah kamu sehingga membentuk benjolan yang berisi nanah. Ciri-ciri dari jerawat batu sendiri, yaitu memiliki ukuran yang besar, berisi nanah, berwarna kemerahan, dan juga menimbulkan rasa sakit beserta gatal pada area yang ditumbuhi jerawat.

Ada juga penyebab lain dari seseorang yang mengalami jerawat batu, yaitu dikarenakan adanya hormon androgen yang dapat meningkat sehingga menyebabkan perubahan pada kulit & membuat pori-pori kulit serta jerawat menjadi tersumbat.  Kalangan yang biasanya mempunyai hormon androgen tinggi yakni remaja dan wanita yang sedang mengalami siklus kehamilan, menopause, menstruasi, atau yang sedang menderita sindrom ovarium polikistik. Jerawat batu juga bisa menyerang seseorang yang disebabkan oleh faktor turunan yang diberikan orangtua kepada kamu.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan membagikan beberapa tips untuk  mencegah jerawat batu yang bisa kamu lakukan.

Rutin Membersihkan Wajah

Cara yang pertama mencegah jerawat batu adalah dengan membersihkan wajah minimal 2 kali sehari, yaitu di pagi hari sebelum nelakukan aktivitas dan pada malam hari sebelum kamu tidur. Agar lebih optimal, pilih juga pembersih wajah yang dapat mengangkat minyak pada wajah. Sebisa mungkin ketika sedang berjerawat, hindari menggunakan scrub karena dikhawatirkan dapat memicu iritasi kulit.

Bac juga: Cara Mengatasi Wajah Kemerahan dan Terasa Perih

Also Read  Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar Menurut WHO

Hindari Memencet Jerawat

Anggapan yang mengatakan apabila dengan memencet jerawat dapat membantu menghilangkannya adalah salah besar. Sebenarnya, sering memencet jerawat yang sedang meradang cenderung dapat malah membuat kondisi semakin parah karena masuknya bakteri pada luka yang telah terbuka.

Jaga Kebersihan Tangan

Jika kamu memang sedang berjerawat, kamu wajib menjaga kebersihan tangan. Hal ini dikarenakan bagian tangan ini sering menyentuh bagian wajah kamu. Tangan yang kotor penuh kuman dapat malah memperparah jerawat. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menyentuh wajah dengan tangan.

Jangan Salah Memilih Produk Kecantikan

Cara mencegah jerawat batu yang berikutnya, yaitu dengan tepat memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis & kondisi kulit wajah. Sebaiknya kamu memilih produk kecantikan yang sudah memiliki label non-comedogenic dan tidak mengandung minyak. Produk tersebut dapat membantu kamu agar terhindar dari masalah jerawat yang diakibatkan oleh penumpukan produk di pori-pori kulit.

Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat juga merupakan salah satu cara mencegah jerawat batu yang sangat ampuh. Kemu perlu tidur yang cukup, yaitu minimal 8 jam sehari. Kemudian batasi mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan lemak tinggi, hindari stres, dan juga lakukan olahraga.

Terkait:
cara menghilangkan jerawat batu di pipi, cara menghilangkan jerawat batu di hidung , cara menghilangkan jerawat batu dalam semalam , obat jerawat batu paling ampuh , cara menghilangkan jerawat batu yang mengeras , cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi , cara mengempeskan jerawat batu , cara menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih

Leave a Reply

Your email address will not be published.