Kamu Harus Tahu, Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Posted on

Cara Merawat Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata itu penting

Kita terkadang ѕеrіng luра untuk mеrаwаt kеѕеhаtаn mаtа. Padahal mata tеrmаѕuk dalam lіmа іndеrа tеrреntіng dаlаm tubuh mаnuѕіа. Tanpa mаtа, kіtа tidak bіѕа melihat kеіndаhаn dunia dаn wаjаh оrаng-оrаng tеrdеkаt kіtа. Untuk mеmаѕtіkаn mata tetap ѕеhаt seiring dеngаn bеrtаmbаhnуа uѕіа, bеrіkut ini Tutоrіаlѕауа.соm аkаn memberikan ѕерuluh саrа merawat kеѕеhаtаn mаtа.

1. Makan banyak buah dan sayuran

Wortel mengandung beta karoten yang dapat membantu dalam mnjaga kesehatan mata. Hal itu dikarenakan beta karoten adalah antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

2. Hindari menggunakan lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Menggunakan lensa kotak dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan pada mata secara permanen dan juga ketidaknyamanan pada mata kamu. Kacamata juga begitu, jangan memakainya terlalu lama.

3. Kurangi penggunaan obat tetes mata

Pemakaian obat tetes mata sah-sah saja untuk mengatasi mata merah. Namun apabila penggunaannya secara berlebihan, hal itu dapat membuat mata amu menjadi rusak.

4. Gunakan mentimun

Irisan mentimun dapat menjadi salah satu cara meraat kesehatan mata secara alami. Kamu cukup mengompres kelopak mata kamu dengan menggunakan irisan mentimun. Sebaiknya kamu melakukan cara ini 10 menit sebelum tidur di malam hari.

5. Gunakan kacamata pelindung sinar UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekedar lensa yang berwarna gelap. Kcamata hitam pelindung sinar UV sangat diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

6. Jangan duduk terlalu lama di depan komputer

Untuk menjaga kesehatan mata, kamu sebaiknya tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer. Hal itu bisa dengan mudah membuat mata kita menjadi lelah.

Also Read  Cara Berhenti Merokok Total Yang Paling Ampuh Tanpa Obat

7. Gunakan kacamata disaat yang tepat

Sebaiknya kamu pastikan mengenakan kacamata atau menggunakan pelindung mata lainnya pada saat bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat yang mengandung partikulat udara yang berbahaya.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Mengobati Amandel

8. Jangan membaca dalam cahaya yang redup

Untuk menjaga kesehatan mata, kamu wajib menghindari membaca dalam keadaan cahaya lampu yang redup, hal iubisa menyebabkan ketegangan pada mata. Apabila mata mulai terasa lelah, sebaikya berheni sejenak untuk sementara waktu dan beristirahatlah.

9. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Apabila kamu sedang fokus kepada sebuah objek dekat, cobalah untuk memfokuskan pula pada objek yang sedikit jauh. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih merilekskan otot-otot yang sedang tegang pada mata. Kamu hanya perlu duduk dan menggunakan aturan 20-20-20. Dimana setiap 20 menit, kamu fokus pada benda yang jaraknya dekat, lalu istirahatkan mata kamu selama 20 detik dengan melihat sesuatu dengan jarak yang sedikit jauh, sekitar 6 meter.

Lakukan hal tersebut secara teratur agar terhindar kerusakan mata.Kemudian jangan lupa untuk berkedip atau menutup mata sejenak supaya mata kamu tidak kelelahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.