Cara Mengatasi HP Lemot Menjadi Ngebut Seperti Baru Lagi

Posted on
Cara mengatasi ponsel yang mulai lemot

Cara Mengatasi HP yang Lemot

Permasalahan yang sangat sering terjadi ketika menggunakan smartphone adalah kinerjanya yang bisa saja tiba-tiba tidak optimal. Permasalahan ini paling umum biasanya disebabkan oleh faktor usia atau masa pemakaian smartphone.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan meberikan beberapa tips untuk mengatasi smartphone milik kamu yang sudah mulai lemot.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Memang apabila memiliki ponsel Android rasanya ingin install semua aplikasi yang ada di Play Store. Tetapi sebelum kamu install aplikasi,sebaiknya amu memeriksa memori internal ponel kamu. Walaupun kamu memiiki HP Android dengan memori internal yang besar, lebih baik kurangi install jangan menginstall aplikasi yang tidak penting. Kenapa?

Semakin banyak aplikasi yang kamu install di HP kamu, maka semakin banyak pula aplikasi yang akan berjalan di balik layar sehingga akan memakan kapasitas RAM. Tak hanya itu, memori internal kamu juga akan semakin dipenuhi oleh data-data aplikasi-aplikasi yang telah terinstall. Kapasitas RAM & memori internal yang semakin penuh membuat ponsel Android kamu menjadi semakin lemot. Oleh sebab itu, tips paling mudah untuk mengatasi HP Android yang lemot yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak terlalu kamu butuhkan.

2. Matikan Aplikasi yang Berjalan Otomatis

Beberapa aplikasi Android yang terinstall di HP kebanyakan diprogram untuk berjalan secara otomatis dari balik layar. Apbila aplikasi itu tidak digunakan, lebih baik kamu uninstall saja. Yang menyebalkan, terkadang ada beberapa merk HP yang menginstall aplikasi khusus yang sengaja tidak dapat dihapus atau biasa disebut dengan bloatware. Aplikasi bloatware ini bisa saja akan terus berjalan di belakang layar walaupun tidak sedang digunakan. Hal ini dapat membuat kinerja ponsel kamu menjadi lambat.

Also Read  Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari YouTube

Untuk mengatasi masalah itu, kamu bisa menghentikan aplikasi bloatware tersebut dengan cara Disable.
Caranya :

  • masuk ke menu Pengaturan
  • pilih tab Application kemudian 
  • klik Disable. 

Baca juga: Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan HP atau Bloatware

Cara lainnya yaitu dengan pergi ke menu AutoStart. Dengan menu ini, kamu bisa dengan leluasa membatasi aplikasi mana yang diizinkan untuk berjalan secara otomatis di belakang layar. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat banyak kapasitas RAM ponsel kamu.

3. Aplikasi Anti-Virus, Sebenarnya Tak Perlu

Aplikasi antivirus ternyata juga berjalan secara terus menerus di balik layar. Hal ini tentunya akan memakan banyak kapasitas RAM sehingga HP kamu akan mejadi lemot. Sebenarnya, semenjak diluncurkannya fitur Google Play Protect yang ada di Play Store kamu tidak perlu khawatir smartphone kamu terserang oleh virus. Karena Google Play Protect memilki kemampuan untuk memindai aplikasi sebelum kamu menginstallnya. Oleh sebab itu, selama kamu menginstall aplikasi hanya melalui Play Store, ponsel Android kamu dijamin terhindar dari virus.

Jadi apabila saat ini kamu memiliki aplikasi antivirus, langsung saja uninstall. Dengan melaukan cara ini, kamu dapat menghemat kapasitas RAM dan memori internal kamu sehingga performa ponsel Android kamu akan semakin optimal.

4. Kurangi Widget, Kalau Bisa Hilangkan Semua

Widget tidak hanya membuat tampilan menu HP menjadi lebih menarik, tetapi juga memudahkan pengguna untuk melihat berbagai aplikasi tanpa perlu membukanya. Namun, Widget tentu akan memaksa ponsel kamu untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Hal ini tentu akan memakan banyak kapasitas RAM dan akan membuat ponsel kamu menjadi semakin melambat kinerjanya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengurangi penggunaan widget. Gunakan saja seperlunya.

Also Read  Cara Membuat Stiker Whatsapp Dengan Menggunakan Foto Sendiri

5. Bersihkan Cache dan Aplikasi yang Baru Dipakai

Cache merupakan data sementara dari aplikasi yang sedang dan pernah kamu gunakan. Dengan adanya Cache, HP kamu bisa menjadi lebih cepat dalam membuka aplikasi karena data-data yang dibutuhkan sudah ada jejaknya dalam bentuk cache ini. Tetapi di balik manfaat dari cache, tersimpan juga kekurangan yang dapat membuat ponsel kamu menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini,rajin-rajinlah untuk membersihkan cache ini. Sebaiknya kamu gunakan plikasi pembersih bawaan HP agar memori internal kamu tidak terlalu penuh.

6. Cara Mengatasi Hp Lemot dengan Restart HP

Me-restart HP bisa menjadi jalan keluar tercepat dan termudah jika smartphone kamu sudah mulai lemot. Dengan melakukan restart, cache yang tidak terpakai akan dibersihkan.

7. Gunakan Aplikasi Default

Aplikasi bawaan (default) dari HP memang sudah dirancang untuk bekerja secara lebih maksimal dengan HP itu sendiri. Mereka didesain untuk fungsi-fungsi umum seperti e-mail, navigasi, dan browsing web. Memang terkadang dalam hal fitur-fiur, aplikasi tersebut bukan merupakan yang terbaik, tetapi tetap bisa diandalkan untuk mengejar performa yang optimal dari HP kamu.

8. Cara Terakhir, Factory Reset/Format Ulang

Apabila semua cara di atas tetap saja tidak bisa mengatasi HP lemot, cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan format ulang atau factory reset. Dengan cara ini, pnsel kamu akan kembali seperti baru lagi karena sistem akan menghapus semua aplikasi, data, virus, dan pengaturan yang tidak tepat.

Akan tetapi sebelum kamu melakukan factory reset, sebaiknya kamu menyimpan atau backup data-data penting terlebih dahulu ke MicroSD atau hard disk di PC kamu agar data-data penting milik kamu tidak ikut terhapus.

Also Read  Trik Skill PES 2021 Mobile! Cara melakukan Dribble Untuk Gocek Lawan

Cara-cara diatas dapat kamu lakukan pada semua merk smartphone, seperti Samsung, Iphone, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Lenovo, dan lain sebagainya.

Terkait:
cara mengatasi hp lemot oppo, cara mengatasi hp lemot saat internet, cara mengatasi hp lemot dan panas, cara mengatasi hp lemot setelah di upgrade, cara mengatasi hp lemot xiaomi, cara mengatasi hp lemot samsung j2 prime, cara mengatasi hp lemot setelah di root, cara mengatasi hp advan lemot

Leave a Reply

Your email address will not be published.