Cara Mudah Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu, Dijamin Sukses

Posted on
Cara bermain saham dengan modal kecil
Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Sukses Bermain Saham dengan Modal Kecil

Kemudahan berinvestasi semakin terasa dengan gencarnya perkembangan teknologi. Tidak hanya untuk akses informasi, tetapi juga kemudahan transaksi untuk investasi, termasuk mengoleksi saham sebagai cara mendapat uang. Bahkan, kini kamu bisa beli saham dengan modal hanya 100 ribu dan bisa hasilkan jutaan rupiah lho!

Berikut ini Tutorialsaya.com akan menjelaskan bagaimana cara sukses bermain saham hanya dengan modal uang 100 ribu.

Pilih Sekuritas dengan Biaya Setoran Awal Rendah

Ketika akan melakukan transaksi jual beli saham, kamu tidak bisa serta merta langsung bertransaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI) begitu saja. Namun kamu harus memiliki yang namanya Rekening Dana Investor (RDI) atas nama kamu sendiri. RDI harus diisi dengan setoran awal yang sudah ditentukan oleh masing-masing perusahaan sekuritas. Dana yang tersimpan di RDI itulah, yang nantinya dapat kamu gunakan untuk membeli saham, atau menerima dana hasil penjualan saham.

Saat ini, setoran awal untuk mulai berinvestasi saham sangat beragam. Ada yang mematok puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Akan tetapi, ada juga perusahaan sekuritas yang memberikan kemudahan untuk bertransaksi dengan setoran awal di bawah Rp 500.000 saja. Jika kamu ingin yang lebih murah, cobalah investasi reksa dana saham bisa menjadi pilihan.

Berinvestasi pada Saham Murah namun Potensial


harga saham murah, namun berpotensi naik
Harga Saham yang Murah, Namun Berpotensi Naik

Sangat banyak emiten yang melantai di BEI, kamu bisa menemukan aneka saham perusahaan dari berbagai sektor. Harga saham juga sangat amat beragam. Mulai dari puluhan rupiah, sampai puluhan ribu rupiah.

Umumnya, kamu mungkin akan berpikir untuk memulai investasi pada perusahaan raksasa yang sahamnya populer. Tapi, ada batasan minimal saat hendak membeli saham yakni sebanyak 1 slot, atau sama dengan 100 lembar saham. Oleh sebab itu, apabila harga saham yang hendak dibeli berharga Rp 25.000, maka diperlukan dana investasi minimal sebesar Rp 2.500.000.

Also Read  Beginilah Cara Merawat Kucing Yang Baik Dan Benar! Jangan Sampai Salah!

Jika dana kamu terbatas, maka pilihlah saham-saham dengan harga terjangkau. Cara beli saham modal 100 ribu adalah dengan memilih jenis-jenis saham yang tergolong murah, tapi memiliki reputasi dan proyeksi investasi yang baik. Dengan budget investasi sebesar Rp 100.000, kamu bisa membeli 1 lot saham dengan harga Rp 1000 per lembar sahamnya, atau mendapatkan saham lebih banyak untuk harga saham yang lebih rendah.

Untuk memilih jenis saham unggulan, kamu bisa melihatnya pada indeks harga saham yang terdapat di BEI. Indeks saham tersebut diantaranya adalah indek LQ45 atau IDX30. Jangan salah, masih banyak pilihan saham yang masuk daftar indeks tersebut dengan harga terjangkau, bahkan di bawah Rp 1000 per lembar saham.

Baca juga: Cara Ampuh untuk Menghilangkan Rasa Cemas

Perhatikan Biaya Transaksi

Pada saat melakukan transaksi jual beli saham, perhatikan juga biaya transaksi yang dikenakan pada setiap transaksi yang dilakukan. Jadi, saat membuat anggaran untuk investasi, pastinya dana investasi tersebut, harus sudah bersih dari potongan-potongan biaya transaksi. Biaya transaksi cukup beragam, mulai dari 0,15%-0,35%, semua itu tergantung perusahaan sekuritas tempat kamu bertransaksi. Ada juga perusahaan sekuritas yang menetapkan biaya transaksi minimal.

Sebaiknya, jangan terlalu sering melakukan trading jual beli saham saat dana transaksi masih sangat terbatas karena harus mengeluarkan biaya lebih besar. Sebaiknya pilih saham-saham yang bisa dipertahankan untuk jangka waktu menengah hingga jangka panjang.

Gunakan Kesempatan saat Harga Saham Unggulan Mengalami Penurunan

Cara beli saham modal 100 ribu dan mendapatkan saham unggulan, adalah dengan memanfaatkan momentum saat harga saham mengalami penurunan. Kondisi perekonomian suatu bangsa bahkan dunia, bisa jadi mempengaruhi bursa efek hingga harga-harga saham gabungan mengalami penurunan. Dinamika pasar saham memang sulit ditebak. Namun yang pasti, saham-saham unggulan merupakan saham yang telah melalui berbagai terpaan kondisi ekonomi sepanjang jaman yang cocok untuk proyeksi investasi jangka panjang.

Also Read  Cara Mudah Menggunakan Masker Spirulina Agar Hasilnya Lebih Maksimal

Tidak perlu khawatir jika harga saham terkoreksi atau mengalami penurunan. Saham-saham unggulan yang telah melantai puluhan tahun, sudah biasa mengalami fluktuasi naik turun harga. Sebaiknya tetap dipertahankan, hingga pada saat yang tepat, harga saham tersebut akan kembali merangkak naik. Jadi, manfaatkan momen terkoreksinya harga saham, untuk mendapatkan saham-saham unggulan dengan harga diskon.

Cara Beli Saham Modal 100 Ribu: Coba Reksa Dana Saham

Reksa dana merupakan salah satu alternatif berinvestasi dengan modal minim. Pada reksa dana, cara beli saham modal 100 ribu berbeda dengan bertransaksi langsung melalui perusahaan sekuritas.

Peserta reksa dana menyerahkan dana investasi kepada Manajer Investasi yang akan mengelola portfolio investasinya. Investasi reksa dana merupakan dana investasi kumpulan. Sehingga, Dana tersebut akan dikelola bersama-sama dengan peserta reksa dana lainnya.

Keunggulan reksa dana adalah setoran awal yang sangat murah. Bahkan, dengan Rp 10.000 saja sudah bisa berinvestasi. Reksa dana juga sangat sesuai untuk investor pemula, yang masih meraba-raba dan berusaha belajar investasi saham.

Kamu pun bisa merasakan enaknya mendapat uang, ketika saham emiten mengalami kenaikan, atau bahkan bagi-bagi deviden. Tentunya, dengan modal awal yang terbilang sangat rendah, kamu jangan berharap bisa mendadak jadi milyuner ya… tapi setidaknya, kamu tidak perlu khawatir mendadak semakin miskin juga.

Itulah beberapa cara bermain saham dengan modal 100 ribu, walaupun dengan modal kecil, kamu tetap bisa profit harian lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published.