Cara Mudah Memperbaiki Resleting yang Telah Rusak

Posted on

Mungkin setiap orang yang ada di dunia ini pernah mengalami masalah karena ritsleting yang rusak pada tas, baju, celana atau jaket yang dimilikinya. Entah itu masalah ritsleting yang tidak mau menutup, giginya ada yang lepas,  atau yang suka turun sendiri karena kurang kencang. Jika sudah begini, biasanya barang yang ritsletingnya rusak itu sudah dianggap tidak bisa dipakai lagi, lalu dibuag gitu saja. Padahal hal itu sebenarnya masih bisa diatasi lho.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara mmbetulkan resleting yang rusak.

1. Ritsleting yang macet atau susah digerakkan

Ritsleting yang macet walaupun sudah ditarik secara kuat biasanya disebabkan karena kepala ritsleting atau slider yang terkait benang-benang halus di sekitarnya atau juga disebabkan karena kekeringan pada gigi ritsleting.

kamu bisa mengatasinya dengan menggosokkan lilin batangan pada gigi ritsleting untuk melumasinya. Selain menggunakan lilin batangan, kamu juga bisa menggosokkan grafit yang ada pada mata pensil atau mengolesi petroleum jeli.

2. Ritsleting yang terpisah dan tidak mau nyambung

Untuk masalah yang satu ini, terdapat 2 penyebab yang bisa memicu kerusakan ristleting. Yaitu  karena gigi ritsleting yang kotor dan slider yang telah bengkok atau renggang. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi isi tas (jika masalah ritsletingnya terjadi pada tas). Selanjutnya, kamu bisa melakukan cara berikut:

  • Jika gigi ritsletingnya kotor: buatlah larutan air sabun, kemudian celupkan cotton bud dan gosok-gosokkan cotton bud tersebut  pada gigi ritsleting. Lalu bilas dengan air bersih.
  • Jika slider-nya bengkok atau renggang: Kamu bisa menggunakan tang yang ujungnya runcing untuk mengencangkan kepala ritsleting yang telah renggang, atau perbaiki posisinya jika bengkok.
Also Read  Cara Mudah Membuka Tutup Botol Tanpa Bantuan Pembuka Botol

3. Ritsleting yang suka turun dan terbuka dengan sendirinya karena gigi ritsleting yang sudah mulai aus

Jika gigi ritsletingnya sudah aus, tentu slider-nya akan mudahtertarik ke bawah. Sebenarnya gigi ritsleting yang aus ini sudah tidak bisa diperbaiki lagi selain dengan menggantinya. Tapi kamu masih bisa mengakalinya!

Gunakan pengait gantungan kunci yang bisa kamu dapatkan di toko peralatan jahit atau kamu juga bisa mengambil pada gantungan kunci yang sudah tidak terpakai. Kaitkan pengait ini di mata slider, tarik ke atas, kmaudian masukkan lubang gantungan kunci pada kancing celana.

4. Gigi ritsleting bagian bawah terlepas atau hilang yang membuat slider-nya tidak bisa berfungsi dengan baik


  • Buka gigi ritsleting sampai ujung bawah hingga slider terlepas pada sisi sebelah kiri ritsleting.
  • Kamudian lepas juga pengunci ritsleting yang berbentuk terowongan persegi.
  • Pasang slider, dan tarik ke atas.
  • Setelah itu pasang lagi pengunci ritsleting pada ujung gigi yang paling bawah.
  • Jahit bekas gigi ritsleting yang rusak agar tidak gampang robek.

5. Kerusakan pada penahan ritsleting bagian atas yang membuat slider-nya gampang melorot


  • Tarik ritsleting ke atas, kemudian balik baju atau celana supaya bagian dalam ritsleting berada di luar.
  • Lalu carilah jahitan yang mengencangkan penahan ritsleting bagian atas, bongkar dan tarik menggunakan tang untuk melepaskan penahan ritsleting bagian atas.
  • Masih di posisi yang sama, kamu masukkan gigi bagian kiri ke dalam sisi kiri kepala ritsleting, kamu lakukan hal yang sama pada sisi bagian kanan.
  • Setelah itu pegang bagian bawah ritsleting dengan menggunakan satu tangan, sedangkan tangan satunya menggerakkan kepala ritsleting ke bagian tengah.
  • Balik celana atau baju ke arah depan, pasang penahan ritsleting bagian atas di gigi atas pada sisi kiri ritsleting. Kemudian tekan dengan menggunakan tang dan kencangkan.
  • Langkah terakhir, jahit kembali lapisan kain belahan ritsleting dengan menggunakan jarum dan benang.
Also Read  Cara Memilih Durian Yang Manis Dan Berkualitas Tinggi

Memang, untuk memperbaiki ritsleting yang telah rusak ini butuh ketelatenan, terlebih lagi jika ada langkah menjahitnya juga. Tapi tidak ada salahnya bila kamu coba terapkan sebelum minta tolong ke tukang jahit untuk membenahinya. Semoga bermanfat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.