Cara Mudah Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Posted on
Download tertunda di Play Store 

Play Store adalah toko aplikasi yang sangat berguna bagi para pengguna Android, akan tetapi terkadang muncul beberapa masalah saat pengguna menggunakan Play Store. Salah satunya adalah proses download aplikasi yang sering tertunda.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan memberikan beberapa cara untuk mangatasi download yang tertunda di Google Play Store.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Reset Konektivitas

Sebelum Kamu mencoba cara ini, sebaiknya Kamu mengecek dulu opsi koneksi data yang Kamu gunakan untuk mengunduh aplikasi. Beberapa aplikasi, terutama yang mempunyai data yang cukup besar, bisanya akan menyarankan untuk menggunakan konektivitas Wi-Fi. Apabila pilihan ini tercentang, maka aplikasi yang akan Kamu unduh tidak akan terunduh dengan menggunakan koneksi seluler meskipun koneksi yang kamu miliki sangat cepat.

Jika Kamu yang sudah terlanjur menginstal dengan opsi pilihan konektivitas Wi-Fi, Kamu hanya perlu membatalkan unduhan, lalu mengulanginya dari awal dengan catatan kamu perlu menghilangkan centang pada opsi unduh dengan menggunakan Wi-Fi.

Akan tetapi, bagi Kamu yang tidak mengalami masalah tersebut, kemungkinan besar penyebab unduhan aplikasi tertunda yaitu karena koneksi jaringan internet yang sedang Kamu gunakan tidak cukup lemah.

Untuk mengatasinya Kamu hanya perlu mereset kembali jaringan seluler pada smartphone Kamu. Caranya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa saat, lalu kembali matikan mode tersebut.

Bersihkan Cache

Aapabila cara di atas masih belum dapat mengatasi masalah download tertunda, bisa jadi hal itu disebabkan oleh cache yang tersimpan sebelumnya. Data sampah atau cache memang berperan sangat bnyak untuk aplikasi dalam menjalankan prosesnya. Dengan adanya cache, aplikasi tidak perlu membuat data baru. Aakan tetapi, seringkali terdapat beberapa masalah yang terjadi yang disebabkan oleh cache tersebut.

Also Read  Cara Menonaktifkan Akun Instagram Untuk Sementara Waktu

Misalnya dengan adanya cache ini, terkadang aplikasi masih tersangkut untuk menggunakan data yang yang lama, padahal aplikasi perlu memperbaruinya. Hal itu lah yang mengakibatkan unduhan di  Google Play Store sering tertunda.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kamu hanya perlu membersihkan data-data cache yang dimiliki oleh aplikasi Google Play Store atau seluruh cache yang terdpat di HP Kamu. Berikut ini cara membersihkan cache pada aplikasi Google Play Store :

  • Buka Settings
  • Scroll ke bawah, kamudian cari menu Apps
  • Cari dan pilih aplikasi Google Play Store
  • Pilih Storage, lalu pilih Clear cache


Muat ulang ponsel

Apabila kedua cara di atas masih juga belum berhasil, ada  langkah terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara me-muat ulang ponsel Kamu. Kamu hanya perlu memuat ulang perangkatnya, atau biasa orang menyebutnya reboot atau restart. Dengan melakukan restart ini, kondisi ponsel Kamu akan menjadi prima kembali.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi download tertunda di Google Play Store, semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.