Cara Mudah Memperbaiki Kulkas yang Tidak Dingin

Posted on
Cara kerja kulkas

Kulkas adalah salah satu perlengkapan dapur yang saat paling umum dijumpai hampir di setiap rumah. Lemari es ini mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan berumah tangga karena bisa menyimpan makanan menjadi lebih awet.

Karena memiliki fungsi yang sangat besar, kulkas harus benar penggunaan & perawatannya. Salah satu masalah yang sangat sering dialami oleh kulkas yaitu kulkas yang tidak dingin.

Berikut ini Tutorialsaya.com akan membagikan bagaimana cara memperbaiki kulkas yang tidak dingin.

1. Lubang Angin Tertutup: Lakukan Defrost Bunga Es

Cara pertama memperbaiki kulkas yang tidak dingin adalah kamu harus memeriksa apakah lubang angin pada kulkas tertutup oleh bunga es atau tidak. Hal inilah yang paling sering terjadi apa bila bunga es sudah terlalu tebal.

Pada jenis kulkas baru yang sudah menggunakan sistem no frost, kulkas akan menggunakan kipas yang berfungsi untuk mengsirkulasikan udara dingin ke dalam ruangan pendingin yang terdapat di dalam kulkas. Saluran ini yang biasanya tertutup oleh bunga es.

Cara memperbaikinya yaitu dengan cara melakukan defrost atau mematikan kulkas untuk beberapa saat sebelum kulkas dihidupkan kembali. Pastikan agar seluruh pintu terbuka dan semua bunga es yang ada di dalam kulkas mencair.

Oh ya, Kamu jangan sampai lupa juga untuk meletakkan wadah di bawah freezer yang berguna untuk menampung lelehan bunga es. Setelah bunga es sudah mencair, segera buang air yang ada di wadah penampungan serta bersihkan kulkas dengan menggunakan lap sampai kering.

Kemudian Kamu coba nyalakan kembali kulkas dan tunggu sampai beberapa saat hingga kulkas dingin kembali.

Pembersihan bunga es ini sebaiknya Kamu lakukan secara rutin agar kulkas tidak lagi bermasalah.

Also Read  Cara Mengusir Tikus di Dalam Rumah Secara Aman dan Ampuh

2. Freon Kulkas Bocor Atau Habis: Cek Bagian Belakang Kulkas

Masalah lain yang paling umum terjadi adalah freon kulkas habis. Apabila kulkas di rumahmu tidak dingin, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa kondisi freon di kulkas milikmu.

Kondisi freon kulkas dapat kamu periksa dengan cara memegang pada bagian belakang kulkas yang letaknya berdekatan dengan grill kulkas. Pada bagian ini, apabila freon masih bekerja normal akan terasa panas. Jika bagian belakang ini tidak terasa panas, itu menandakan bahwa freon kulkas telah habis dan harus diisi lagi.

Selain itu, freon juga bisa mengalami kebocoran. Freon kulkas bocor biasa terjadi karena sang pengguna sedang membersihkan bunga es dengan menggunakan benda tajam, seperti pisau atau garpu.

Hal ini bisa menyebabkan evaporator tertusuk dan freon pun akan mengalami kebocoran. Apabila freon kulkas bocor, Kamu harus menambalnya dengan menggunakan lem khusus sebelum Kamu mengisi freon kulkas.

Baca juga: Cara Mudah Memperbaiki Kipas Angin Sendiri Di Rumah

3. Jangan Menyimpan Makanan atau Minuman Panas ke Dalam Kulkas atau Menaruh Benda yang Panas di Sekitar Kulkas

Apabila Kamu menyimpan makanan atau minunan yang panas ke dalam kulkas dalam jumlah yang banyak, maka kulkas bisa saja menjadi tidak dingin.

Karena suhu kulkas bisa saja kalah dengan suhu benda panas yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu menghindaru menyimpan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas.

Bukan hanya menyimpan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas, Kamu juga sebaiknya menghindari menaruh benda yang menghasilkan panas berada di sekitar kulkas. Benda yang menghasilkan panas apabila berada di sekitar kulkas dapat mempengaruhi performa kulkas.

Also Read  Cara Mudah Cek Nomor Indosat kita Sendiri Dengan Cepat dan Praktis

Untuk mengatasi kulkas yang tidak dingin, coba Kamu periksa lagi apakah terdapat benda seperti oven listrik, kompor gas, magic com, dan lain-lain berada di sekitar kulkas. Apabila ada, segera pindahkan benda-benda tersebut.

4. Pintu yang Tidak Tertutup dengan Rapat: Mengganti Karet Pintu Kulkas

Pintu kulkas juga cukup sering menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Apabila ini masalahnya, Kamu harus tahu bagaimana cara untuk memperbaiki karet pintu kulkas. Karena pintu kulkas sering dibuka tutup, maka karet pintu kulkas sangat rawan mengalami kerusakan.

Tidak heran bila setelah beberapa waktu penggunaan, karet pintu kulkas akan mengalami kerusakan yang dapat membuat pintu kulkas menjadi tidak tertutup dengan rapat dan udara dingin pun akan keluar.

5.  Kompresor Kulkas Rusak

Apabila kerusakan terjadi pada kompresor kulkas, maka kemungkinan besar Kamu harus menggantinya dengan kompresor yang baru, atau bisa juga diganti dengan kompresor bekas yang masih dapat berfungsi dengan baik.

Untuk mengetahui performa kompresor kulkas, pertama-tama kamu harus menyiapkan multitester dengan posisi pada range oHm ( ? ). Kemudian, hubungkan socket pada kompresor dengan body kompresor menggunakan kabel multitester tersebut. Setelah itu, Kamu lihat pada layar multitester. Apabila jarum tidak menunjukan adanya suatu hubungan, itu berarti kompresor masih bagus. Sedangkan apabila terdapat hubungan, itu tandanya kompresor tersebut sudah rusak atau konslet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.